Selasa, 20 Juli 2010

Hampir Pasti Ilham Arief Sirajuddin Bergabung di Demokrat


MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin hampir dipastikan bakal menjadi salah satu pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat.
Informasi yang dihimpun Tribun di internal DPP Demokrat, Selasa (20/07/2010), menyebutkan mantan Ketua DPD I Golkar Sulsel ini bakal menempati bidang informasi dan komunikasi bersama mantan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Andi Nurpati.
Ketua Umum DPP Anas Urbaningrum disebutkan bakal melantik Ilham bersama sejumlah fungsionaris lainnya. Kepastian masuknya nama Ketua Nasional Demokrat (Nasdem) Sulsel ini juga dikatakan mantan Koordinator Tim Pemenangan Anas Urbaningrum Umar Arsal Al Habsy.
"Belum ada pelantikan, yang baru dilantik itu pengurus harian. Kemungkinan besar Ilham bisa masuk ke DPP," kata Umar yang kini menjabat sebagai Ketua Divisi Tanggap Darurat DPP Demokrat.
Umar menjelaskan saat ini kabinet Anas Urbaningrum masih merampungkan seluruh kelengkapan pengurus DPP.
Dijadwalkan pelantikan susulan pascapengukuhan dewan pembina dan pengurus harian beberapa waktu lalu dijadwalkan berlangsung pekan depan. Sebelumnya, Ketua Angkatan Muda Demokrat Indonesia (AMDI) Sulsel Saputra Paita menyebut Ilham sudah resmi menjabat sebagai Koordinator Wilayah (Korwil) DPP Demokrat untuk Sulawesi. DPP disebutkan sudah mengeluarkan surat keputusan (SK) untuk Ilham.
"Kami sudah menerima informasinya dari Jakarta," kata Saputra Paita pekan lalu. Sahabat Ketua Umum DPP Demokrat Anas Urbaningrum ini menilai, Ilham akan menjadi salah satu faktor pendobrak suara Demokrat di Sulsel.

Kabar resminya Ilham berlabuh di Demokrat juga disampaikan salah seorang Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel. Sumber yang minta dirahasiakan identitasnya ini mengaku sudah melihat SK Ilham di Demokrat.
Sedangkan Ketua Demokrat Sulsel Syamsul Mappareppa mengaku belum mengetahui persis kepindahan Ilham di Demokrat. Namun, mantan Pangdam VII Brawijaya ini mengatakan sudah lama mendengar kabar bergabungnya Ilham ke Demokrat.
"Saya sejak dulu menyatakan siap menerima Pak Ilham kalau mau bergabung ke Demokrat," jelasnya.
Jika benar Ilham menjabat korwil, peluangnya menjadi Ketua DPD Demokrat Sulsel kian besar. Ilham bakal bersaing dengan sejumlah tokoh seperti Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo. Dari kader internal sejumlah figur sudah bermunculan di antaranya Bendahara DPD I Demokrat Sulsel Idris Manggabarani serta sejumlah Legislator Demokrat di DPRD Sulsel yakni Andry Arief Bulu (wakil ketua), Andi Irwan Patawari (wakil ketua), dan Andi Nawir Pasinringi (mantan Bupati Pinrang), serta Andi Januar Jaury Darwis (Ketua DPC Makassar).(axa)