Sabtu, 24 Juli 2010

Rudiyanto Rombak Ketua DPC

Makassar, Tribun - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sulsel akan melakukan seleksi figur untuk menjadi ketua dewan pimpinan cabang (DPC) se-Sulsel.
Figur yang berminat menakhodai partai besutan Prabowo Subiyanto di daerah ini akan menjalani uji kelayakan secara ketat. Saat ini, dilakukan uji kelayakan untuk 10 ketua DPC kabupaten/ kota.
Ketua DPC Gerindra di 10 daerah tersebut "dipangkas" dengan berbagai alasan dan pertimbangan.
Ketua Gerindra Sulsel Rudiyanto Asapa bersama sejumlah pengurus DPP akan turun tangan melakukan uji kelayakan.
Rudiyanto di rumah jabatan Gubernur Sulsel, Jl Sungai Tangka, Jumat (23/7), mengatakan, uji kelayakan tersebut dipusatkan di Kantor Gerindra Sulsel, Jl Dr Ratulangi, Makassar.
"Sudah ada delapan kabupaten yang melakukan fit and propert tes. Sedang berlangsung dua kabupaten hari ini (kemarin)," kata Rudiyanto yang juga Bupati Sinjai.
Mantan Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar ini menjelaskan, langkah ini dilakukan untuk mencari calon pemimpin partai yang memiliki kemampuan dan kompetensi.
Cara ini juga akan dilakukan untuk calon Ketua DPC Gerindra di 24 kabupaten se-Sulsel.
Sejumlah Ketua DPC di era kepemimpinan Chalik Suang dipastikan digeser. Sebelumnya, DPC Gerindra Parepare Alimuddin ikut "berteriak" atas penunjukan Rudiyanto dan formatur versi DPP. Pernyataan ini didukung sejumlah Ketua DPC yang juga dikenal akrab dengan Ketua DPC Gerindra Makassar Zachbidin Jis Habie yang menjadi salah satu deklarator partai di Sulsel.
Dikonfirmasi terpisah Wakil Ketua DPD Gerindra Sulsel Suardi Tahir mengatakan saat ini proses fit and propert tes terus berlangsung di antaranya Bulukumba, Bone, Maros, Pangkep, dan Enrekang. Menyusul Wajo, Parepare, Sidrap, dan Jeneponto.(axa)

Hanya 20 Persen Wajah Lama
SETELAH dilantik memimpin Gerindra Sulsel, beberapa waktu lalu, Rudiyanto Asapa yang sebelumnya menjabat Ketua DPD I Partai RepubliKAN mengaku memprioritaskan konsolidasi organisasi di awal kepemimpinannya. Selain itu, kabinet Rudiyanto terus mengevaluasi dan meninjau posisi kepengurusan di seluruh daerah hingga tingkat kecamatan.
Pengisian posisi yang selama ini dinilai kurang maksimal juga akan dilakukan. DPD Gerindra Sulsel melakukan inventarisasi hingga ke tingkat pengurus anak cabang (PAC) dan ranting. Pihaknya, juga akan mengevaluasi kinerja legislator Gerindra di DPRD dan jika dinilai tidak bisa berbuat maksimal akan dilakukan pergantian (reshuffle).
Kabinet Rudiyanto mayoritas didominasi wajah baru. Mantan Politisi PDIP Sulsel ini hanya mempertahankan sekitar 20 persen wajah lama. Legislator DPRD Sulsel Chalik Suang menjadi salah satu yang terpental dari kepengurusan.(axa)
sedang diseleksi
Ketua DPC Bulukumba
Ketua DPC Bone
Ketua DPC Maros
Ketua DPC Pangkep
Ketua DPC Enrekang
Ketua DPC Wajo
Ketua DPC Parepare
Ketua DPC Sidrap
Ketua DPC Jeneponto